RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA N 9 Muaro Jambi
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1 (satu)
Peminatan : MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
Pertemuan ke- : 6 - 7
Materi Pokok :Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Tumbuhan
Alokasi Waktu :2 x 4 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bio proses.
1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan
3.3 Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan
4.3 Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.
C. Materi Pelajaran
Pertemuan I: Jenis Jaringan pada Tumbuhan, Sifat Totipotensi dan Kultur Jaringan
Pertemuan II: Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan
D. Pembelajaran
Pertemuan I
1. Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator |
Tujuan Pembelajaran |
3.3.1. Mendeskripsikan jenis-jenis jaringan pada tumbuhan. 3.1.2. Mendeskripsikan hubungan sifat totipotensi dalam penerapannya pada teknik kultur jaringan pada tumbuhan |
Setelah menyelesaikan pembahasan ini, peserta didik diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pengertian jaringan 2. Menyebutkan jenis-jenis jaringan pada tumbuhan. 3. Mendeskripsikan sifat totipotensi pada tumbuhan. 4. Menjelaskan prinsip-prinsip kultur jaringan 5. Menjelaskan manfaat teknik kultur jaringan bagi manusia. 6. Menjelaskan keuntungan pemanfaatan teknik kultur jaringan |
2. Metode
Diskusi, pemaparan, dan presentasi.
3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan model pembelajaran problem base learning. Guru juga dapat memilih model pembelajaran lain yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
a. Pendahuluan
• Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sebelumnya tentang proses kehidupan yang terjadi di dalam sel.
• Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
· Guru menekankan pentingnya bekerja dalam tim, saling berdiskusi, dan menghargai pendapat dalam proses pembelajaran.
b. Inti
• Peserta didik ditugasi untuk mengamati melalui membaca literatur tentang jenis-jenis jaringan tumbuhan dan kultur jaringan.
• Kepada peserta didik dimotivasi untuk mengajukan pertanyaan tentang jenis jaringan, kultur jaringan, khususnya yang berkaitan dengan pengertian kultur jaringan, tujuan kultur jaringan dan bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk kultur jaringan.
• Peserta didik mengumpulkan data dengan mengkaji berbagai literatur, tentang macam jaringan penyusun pada tumbuhan, serta sifat totipotensi pada tumbuhan, dan kultur jaringan.
• Di bawah bimbingan guru, peserta didik mendiskusikan jenis jaringan pada tumbuhan, dan arti sifat jaringan meristematik, sifat totipotensi serta polipotensi dikaitkan dengan kultur jaringan.
• Peserta didik ditugaskan untuk menyimpulkan tentang jenis jaringan penyusun tubuh tumbuhan dan sifat totipotensi sebagai dasar pembuatan kultur jaringan.
• Kemudian peserta didik diminta melaporkan hasil pengamatan berupa gambar, tabel atau laporan tertulis dan mempresentasikannya di depan kelas.
c. Penutup
• Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi dan menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran. Peserta didik dibebaskan menyusun laporan dengan bahasanya sendiri, mengenai pengertian totipotensi dan kultur jaringan.
• Guru menugaskan peserta didik untuk merancang pembuatan preparat jaringan tumbuhan (akar, batang, daun) untuk pertemuan berikutnya
4. Alat, Bahan, dan Media
Gambar/charta, model jaringan pada tumbuhan, preparat sediaan berbagai macam jaringan, mikroskop dan perangkatnya.
5. Sumber Belajar
• Buku Biologi SMA/MA kelas XI.
• Buku Biologi Campbell
• Sumber lain yang relevan seperti internet
6. Penilaian
Unjuk kerja eksperimen, diskusi, dan presentasi.
Pertemuan Minggu II
1. Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator |
Tujuan Pembelajaran |
3.3.3. Mendeskripsikan hubungan antarastruktur dengan fungsi jaringan pada tumbuhan |
Setelah menyelesaikan pembahasan ini, peserta didik diharapkan mampu: 1. Menjelaskan sifat-sifat tiap jenis jaringan pada tumbuhan. 2. Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan. 3. Menjelaskan tiga sistem jaringan yang terdapat pada tumbuhan. |
2. Metode
Observasi, diskusi, dan eksperimen.
3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan model pembelajaran discovery base learning. Guru juga dapat memilih model pembelajaran lain yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
a. Pendahuluan
• Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sebelumnya tentang macam-macam jaringan penyusun tubuh tetumbuhan.
• Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok .
• Guru menekankan pentingnya bekerja dalam tim, saling berdiskusi, dan menghargai pendapat dalam proses pembelajaran.
b. Inti
• Peserta didik diminta untuk mengamati gambar berbagai jaringan pada tumbuhan.
• Peserta didik melakukan kegiatan membuat preparat sayatan melintang akar, batang dan daun dan mengamati di bawah mikroskop.
• Guru memotivasi peserta didik untuk mengemukakan pertanyaan mengenai struktur organ tanaman dan jaringan yang menyusun akar/batang/daun.
• Peserta didik mengumpulkan data dari mengkaji berbagai literatur, tentang jaringan penyusun organ tumbuhan, serta jaringan pembentuk organ berdasarkan hasil pengamatannya.
• Mengamati preparat basah buatan peserta didik, mengenai bentuk, letak dan fungsi jaringan tumbuhan.
• Di bawah bimbingan guru, peserta didik mendiskusikan jenis jaringan pada tumbuhan, bentuk letak dan fungsinya. Guru harus rasional dalam mengkaitkan antara struktur dengan fungsi. Sebagai contoh bagaimana perbedaan antara struktur xilem dan floem dalam fungsi transpor.
• Peserta didik ditugasi untuk menyimpulkan tentang jenis jaringan penyusun tubuh tumbuhan. (mengasosiasikan)
• Kemudian peserta didik diminta melaporkan hasil eksperimen dan diskusinya berupa gambar, tabel atau laporan tertulis dan mempresentasikannya di depan kelas. (mengomunikasikan)
c. Penutup
• Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi dan menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
• Peserta didik diminta mengumpulkan laporan berupa gambar maupun uraian hasil eksperimen dan diskusi.
3. Alat, Bahan, dan Media
Gambar/charta, model jaringan pada tumbuhan, preparat sediaan berbagai macam jaringan, mikroskop dan perangkatnya.
4. Sumber Belajar
• Buku Biologi SMA/MA Kelas XI.
• Buku Biologi Campbell
• Sumber lain yang relevan seperti internet
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
· Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
· Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
· Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
· Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda.
Contoh Instrumen (Terlampir)
Sei Bahar , 14 Juli 2016
Mengetahui Kepala SMA .... Guru Mata Pelajaran Biologi
HARMONIS,S.Pd.I .ADE PUTRA,S.Pd.I
NIP. 1981 NIP . 198401052009021003
Catatan Kepala Sekolah:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran Penilaian
1. Penilaian oleh Guru
No. |
KD |
Indikator Esensial |
|
Keterangan |
||
1. |
KD dari KI 1 |
|
Observasi perilaku |
Lembar observasi |
||
2. |
KD dari KI 2 |
|
Observasi perilaku |
Observasi perilaku |
||
3. |
KD 3 |
Peserta didik dapat mendeskripsikan konsep struktur jaringan tumbuhan, sifat totipotensi dan kultur jaringan |
Tes tertulis |
Lembar tes tertulis |
||
4. |
KD 4 |
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap jaringan tumbuhan |
Penilaian produk
|
Lembar penilaian |
||
Membuat laporan eksperimen
|
||||||
Mengomunikasikan hasil diskusi |
2. Penilaian Sikap
KI–1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI–2 : Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
No. |
Nama |
Jujur
|
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Peduli |
Kerja keras |
Skor |
Nilai |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penilaian: Rentang nilai:
3 = AB (amat baik) 12 ≤ N < 15 AB
2 = B (baik) 8 ≤ N < 12 B
1 = C (cukup) 5 ≤ N < 8 C
3. Refleksi diri pada buku siswa hal.70.
4. Penilaian Teman
Guru meminta peserta didik untuk menilai rekan satu kelompoknya saat melakukan kerja
berkelompok. Tabel berikut memberikan contoh penilaian teman.
No. |
Nama Anggota Kelompok |
Penilaian |
Skor |
Nilai |
||||
Kreativitas |
Inisiatif |
Kerja Sama |
Menghargai Teman |
Suka Menolong |
||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penilaian: Rentang nilai (N):
3 = AB (amat baik) 12 £ N < 15 AB
2 = B (baik) 8 £ N < 12 B
1 = C (cukup) 5 £ N < 8 C
0 komentar:
Posting Komentar