PEMETAAN STANDAR ISI
Nama Sekolah : SMAN 3 MUARO JAMBI
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X ( sepulah )
Semester : 1 / Ganjil
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
1.Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu. | 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi |
C1
C1
C1
C1
C4
C6
|
Menjelaskan karakteristik umum sains.
Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi. Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biolog Menunjukkan kedudukan dan terkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi Memberi contoh manfaat mempelajari Biologi. Memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi. |
C4
C4
|
Menganalisis apa saja yang menjadi objek Biologi*) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD yang sesuai, dari molekul sampai biom.
Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan, seperti menyusutnya Populasi orang utan (P. Kalimantan), punahnya harimau jawa (P. Jawa)*), dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok. *) Dapat diajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. |
√ |
2 x 45’
|
||
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
C6
C6
C6
C6
P2
C1
C6
C6
|
Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organindividu.
Memberi contoh objek Biologi pada tingkat individu sampai biom. Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rancangan penelitian sederhana yang dapat dilakukan Mengidentifikasi urutan sistematika metode ilmiah. Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah. Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metode ilmiah |
C1
P2
C4
|
Menyaksikan VCD/ CD/foto-foto/gambargambar tentang kerja seseorang ahli biologi memecahkan masalah masalah keilmuan.
Diskusi kelas menemukan sistematika metode ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan oleh seorang ahli. Menemukan contoh permasalahan biologi, seperti rusaknya lingkungan karena penggalian, terciumnya bau tidak sedap karena pembuangan sampah tak terkendali, dll*) yang lain dan upaya pemecahannya dengan menggunakan metode ilmiah melalui kerja kelompok. *) Dapat diajarkan menemukan permasalahan yang sesuai dengan kondisi di lingkungan/daerah/ wilayahnya masing-masing yanSelasa, 11 Oktober 2011g khas. |
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1.2.Mendeskripsikan objek danpermasalahan Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) |
C6
C6
C6
C6
P2
C1
C6
C1
|
Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
Memberi contoh objek Biologi pada tingkat individu sampai biom. Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rancangan penelitian sederhana yang dapat dilakukan Mengidentifikasi urutan sistematika metode ilmiah. Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah. Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metode ilmiah |
C4
C4
C1
P2
C4
|
Menganalisis apa saja yang menjadi objek Biologi*) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD yang sesuai, dari molekul sampai biom.
Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan, seperti menyusutnya Populasi orang utan (P. Kalimantan), punahnya harimau jawa (P. Jawa)*), dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok. *) Dapat diajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. Menyaksikan VCD/ CD/foto-foto/gambargambar tentang kerja seseorang ahli biologi memecahkan masalah masalah keilmuan. Diskusi kelas menemukan sistematika metode ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan oleh seorang ahli. Menemukan contoh permasalahan biologi, seperti rusaknya lingkungan karena penggalian, terciumnya bau tidak |
√ |
4 x 45’
|
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
sedap karena pembuangan sampah tak terkendali, dll*) yang lain dan upaya pemecahannya dengan menggunakan metode ilmiah melalui kerja
kelompok.
*) Dapat diajarkan menemukan permasalahan yang sesuai dengan kondisi di lingkungan/daerah/ wilayahnya masing-masing yang khas. |
|||||||||
2.Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup. | 2.1.Mendeskripsikan Prinsip dasar klasifikasi makhluk hidup. |
C4
C3
|
Mendeskripsikan sistem klasifikasi makhluk hidup.
Melakukan klasifikasi makhluk hidup dengan membuat kunci determinasi |
P2
C4
C4
|
Mendiskusikan secara kelompok dasar dan tujuan klasifikasi makhluk hidup serta macam-macam sistem klasifikasi melalui kajian literatur.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Menggunakan kunci determinasi sederhana yang dibuat guru untuk mengidentifikasi makhluk hidup pada gambar yang diberikan guru |
√ |
2 x 45’
|
||
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi,dan peran virus dalamkehidupan. |
C1
C4
C1
C1
|
Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
• Mendeskripsikan klasifikasi virus Menjelaskan cara replikasi virus Menjelaskan peran virus yang Menguntungkan dan merugikan |
C1
C4
|
Mengidentifikasi ciriciri virus berdasarkan referensi gambar/charta/ foto dari buku-buku literatur.
Menganalisis struktur tubuh virus dan membandingkannya Dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik, seluler eukariotik dan yang multiseluler menggunakan gambar/ foto. |
√ |
4 x 45’
|
|||
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
P2
C5
C6
C1
|
Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok
Melakukan kajian literatur menemukan cara virus hidup dan melakukan replikasi pada sel/jaringan hidup. Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literatur melalui kegiatan diskusi Mencari informasi tentang peran virus yang menguntungkan ataupun merugikan bagi kehidupan dari berbagai sumber media atau buku melalui penugasan |
||||||||
2.3.mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria serta peranannya Bagi kehidupan |
C1
C2
C4
C4
|
Menjelaskan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria.
Membedakan ciriciri Archaebacteria dan Eubacteria Mendeskripsikan struktur, klasifikasi, dan replikasi bakteri Mendeskripsikan berbagai peran bakteri yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia. |
P2
C1
C4
C3
|
Mendiskusikan perbedaan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria serta ciri-ciri, struktur, dan klasifikasi bakteri melalui kajian
literatur.
Melakukan pengamatan mikroskopis sediaan bakteri Menyimpulkan tentang perbedaan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria serta ciri-ciri, struktur,dan klasifikasi bakteri Membuat charta tahapan perkembangbiakan bakteri melalui kerja mandiri |
√ |
4 x 45’
|
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
C4
C3
|
Mendeskripsikan berbagai peran bakteri yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia.
Merancang dan melakukan percobaan serta melaporkan hasilnya tentang pemanfaatan bakteri dalam pengolahan makanan |
C3
P2
C3
|
dan klasifikasi bakteri
Membuat charta tahapan perkembangbiakan bakteri melalui kerja mandiri Mengidentifikasi dari berbagai sumber literatur menemukan peranan bakteri baik yang menguntungkan maupun merugikan dalam kehidupan. Membuat produk yang memanfaatkan bakteri seperti nata de coco melalui kerja kelompok |
||||||
2.4.Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan |
C4
C4
C1
P2
|
Mendeskripsikan perbedaan ciri-ciri antara kingdom Protista dengan kingdom yang lain
Mendeskripsikan karakteristik setiap filum dalamkingdom Protista. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan organisme protista Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/ merugikan bagi kehidupan manusia. |
C2
C1
C1
C2
C2
C3
|
Membedakan antara protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan, dan protista mirip jamur.
Menjelaskan karakteristik dari masing-masing anggota kingdom Protista. Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, dan air rendaman jerami untuk melihat karakteristik protista secara langsung. Membandingkan hasil pengamatan dengan gambar literatur melalui kerja kelompok. Mendiskusikan cara perkembangbiakan atau daur hidup protista Membuat carta salah satu contoh daur hidup protista sebagai tugas |
√ |
8 x 45 ‘
|
|||
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
P2
|
mandiri dirumah.
Mendiskusikan dan mencari dari berbagai sumber literatur tentang peranan protista baik yang menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia |
||||||||
2.5.Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis amur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajianliteratur serta peranannya bagi kehidupan |
C4
C2
C6
|
Mendeskripsikan ciri-ciri khusus kingdom Fungi yang membedakan dengan kingdom yang lain
Menjelaskan caracara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur Memberikan contoh setiap anggota divisi kingdom Fungi yang memiliki peran bagi kehidupan manusi |
P2
C4
C1
C2
C2
C4
P2
|
Mendiskusikan ciri-ciri dan pengelompokan jamur secara berkelompok.
Mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok. Melakukan pengamatan terhadap berbagai contoh jamur Ascomycota, Basidiomycota, dan Zygomycota. Mendiskusikan hasil pengamatan dan membuat laporan pengamatan. Membandingkan ciri-ciri jamur hasil pengamatan dengan literatur. Mempresentasikan charta daur hidup jamur di depan kelas. Mendiskusikan peranan jamur bagi kehidupan manusia |
√ |
4 x 45’
|
Kepala Guru Biologi
Drs.Mujiyono Ade Putra,S.Pd.I
Nip. 196511121998021001 NIP.198401052009021003
0 komentar:
Posting Komentar