PEMETAAN STANDAR ISI
Nama Sekolah : SMAN 3 MUARO JAMBI
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X ( sepulah )
Semester : 1 / Ganjil
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
1.Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu. | 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi |
C1
C1
C1
C1
C4
C6
|
• Menjelaskan karakteristik umum sains.
• Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi. • Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biolog • Menunjukkan kedudukan dan terkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. • Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi Memberi contoh manfaat mempelajari Biologi. • Memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi. |
C4
C4
|
• Menganalisis apa saja yang menjadi objek Biologi*) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD yang sesuai, dari molekul sampai biom.
• Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan, seperti menyusutnya Populasi orang utan (P. Kalimantan), punahnya harimau jawa (P. Jawa)*), dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok. *) Dapat diajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. |
√ |
2 x 45’
|
||
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
C6
C6
C6
C6
P2
C1
C6
C6
|
Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organindividu.
• Memberi contoh objek Biologi pada tingkat individu sampai biom. • Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. • Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rancangan penelitian sederhana yang dapat dilakukan • Mengidentifikasi urutan sistematika metode ilmiah. • Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. • Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah. • Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metode ilmiah |
C1
P2
C4
|
• Menyaksikan VCD/ CD/foto-foto/gambargambar tentang kerja seseorang ahli biologi memecahkan masalah masalah keilmuan.
• Diskusi kelas menemukan sistematika metode ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan oleh seorang ahli. • Menemukan contoh permasalahan biologi, seperti rusaknya lingkungan karena penggalian, terciumnya bau tidak sedap karena pembuangan sampah tak terkendali, dll*) yang lain dan upaya pemecahannya dengan menggunakan metode ilmiah melalui kerja kelompok. *) Dapat diajarkan menemukan permasalahan yang sesuai dengan kondisi di lingkungan/daerah/ wilayahnya masing-masing yanSelasa, 11 Oktober 2011g khas. |
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1.2.Mendeskripsikan objek danpermasalahan Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) |
C6
C6
C6
C6
P2
C1
C6
C1
|
Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
• Memberi contoh objek Biologi pada tingkat individu sampai biom. • Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. • Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rancangan penelitian sederhana yang dapat dilakukan • Mengidentifikasi urutan sistematika metode ilmiah. • Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. • Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah. • Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metode ilmiah |
C4
C4
C1
P2
C4
|
• Menganalisis apa saja yang menjadi objek Biologi*) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD yang sesuai, dari molekul sampai biom.
• Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan, seperti menyusutnya Populasi orang utan (P. Kalimantan), punahnya harimau jawa (P. Jawa)*), dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok. *) Dapat diajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. • Menyaksikan VCD/ CD/foto-foto/gambargambar tentang kerja seseorang ahli biologi memecahkan masalah masalah keilmuan. • Diskusi kelas menemukan sistematika metode ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan oleh seorang ahli. • Menemukan contoh permasalahan biologi, seperti rusaknya lingkungan karena penggalian, terciumnya bau tidak |
√ |
4 x 45’
|
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
sedap karena pembuangan sampah tak terkendali, dll*) yang lain dan upaya pemecahannya dengan menggunakan metode ilmiah melalui kerja
kelompok.
*) Dapat diajarkan menemukan permasalahan yang sesuai dengan kondisi di lingkungan/daerah/ wilayahnya masing-masing yang khas. |
|||||||||
2.Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup. | 2.1.Mendeskripsikan Prinsip dasar klasifikasi makhluk hidup. |
C4
C3
|
• Mendeskripsikan sistem klasifikasi makhluk hidup.
• Melakukan klasifikasi makhluk hidup dengan membuat kunci determinasi |
P2
C4
C4
|
• Mendiskusikan secara kelompok dasar dan tujuan klasifikasi makhluk hidup serta macam-macam sistem klasifikasi melalui kajian literatur.
• Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. • Menggunakan kunci determinasi sederhana yang dibuat guru untuk mengidentifikasi makhluk hidup pada gambar yang diberikan guru |
√ |
2 x 45’
|
||
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi,dan peran virus dalamkehidupan. |
C1
C4
C1
C1
|
• Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
• Mendeskripsikan klasifikasi virus • Menjelaskan cara replikasi virus • Menjelaskan peran virus yang Menguntungkan dan merugikan |
C1
C4
|
• Mengidentifikasi ciriciri virus berdasarkan referensi gambar/charta/ foto dari buku-buku literatur.
• Menganalisis struktur tubuh virus dan membandingkannya Dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik, seluler eukariotik dan yang multiseluler menggunakan gambar/ foto. |
√ |
4 x 45’
|
|||
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
P2
C5
C6
C1
|
• Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok
• Melakukan kajian literatur menemukan cara virus hidup dan melakukan replikasi pada sel/jaringan hidup. • Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literatur melalui kegiatan diskusi • Mencari informasi tentang peran virus yang menguntungkan ataupun merugikan bagi kehidupan dari berbagai sumber media atau buku melalui penugasan |
||||||||
2.3.mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria serta peranannya Bagi kehidupan |
C1
C2
C4
C4
|
• Menjelaskan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria.
• Membedakan ciriciri Archaebacteria dan Eubacteria • Mendeskripsikan struktur, klasifikasi, dan replikasi bakteri • Mendeskripsikan berbagai peran bakteri yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia. |
P2
C1
C4
C3
|
• Mendiskusikan perbedaan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria serta ciri-ciri, struktur, dan klasifikasi bakteri melalui kajian
literatur.
• Melakukan pengamatan mikroskopis sediaan bakteri • Menyimpulkan tentang perbedaan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria serta ciri-ciri, struktur,dan klasifikasi bakteri • Membuat charta tahapan perkembangbiakan bakteri melalui kerja mandiri |
√ |
4 x 45’
|
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
C4
C3
|
• Mendeskripsikan berbagai peran bakteri yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia.
• Merancang dan melakukan percobaan serta melaporkan hasilnya tentang pemanfaatan bakteri dalam pengolahan makanan |
C3
P2
C3
|
dan klasifikasi bakteri
• Membuat charta tahapan perkembangbiakan bakteri melalui kerja mandiri • Mengidentifikasi dari berbagai sumber literatur menemukan peranan bakteri baik yang menguntungkan maupun merugikan dalam kehidupan. • Membuat produk yang memanfaatkan bakteri seperti nata de coco melalui kerja kelompok |
||||||
2.4.Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan |
C4
C4
C1
P2
|
• Mendeskripsikan perbedaan ciri-ciri antara kingdom Protista dengan kingdom yang lain
• Mendeskripsikan karakteristik setiap filum dalamkingdom Protista. • Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan organisme protista • Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/ merugikan bagi kehidupan manusia. |
C2
C1
C1
C2
C2
C3
|
• Membedakan antara protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan, dan protista mirip jamur.
• Menjelaskan karakteristik dari masing-masing anggota kingdom Protista. • Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, dan air rendaman jerami untuk melihat karakteristik protista secara langsung. • Membandingkan hasil pengamatan dengan gambar literatur melalui kerja kelompok. • Mendiskusikan cara perkembangbiakan atau daur hidup protista • Membuat carta salah satu contoh daur hidup protista sebagai tugas |
√ |
8 x 45 ‘
|
|||
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
TB
|
Indikator
|
TB
|
Materi pokok
|
Ruang lingkup
|
Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||||
P2
|
mandiri dirumah.
Mendiskusikan dan mencari dari berbagai sumber literatur tentang peranan protista baik yang menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia |
||||||||
2.5.Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis amur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajianliteratur serta peranannya bagi kehidupan |
C4
C2
C6
|
Mendeskripsikan ciri-ciri khusus kingdom Fungi yang membedakan dengan kingdom yang lain
• Menjelaskan caracara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur • Memberikan contoh setiap anggota divisi kingdom Fungi yang memiliki peran bagi kehidupan manusi |
P2
C4
C1
C2
C2
C4
P2
|
• Mendiskusikan ciri-ciri dan pengelompokan jamur secara berkelompok.
• Mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok. • Melakukan pengamatan terhadap berbagai contoh jamur Ascomycota, Basidiomycota, dan Zygomycota. • Mendiskusikan hasil pengamatan dan membuat laporan pengamatan. • Membandingkan ciri-ciri jamur hasil pengamatan dengan literatur. • Mempresentasikan charta daur hidup jamur di depan kelas. • Mendiskusikan peranan jamur bagi kehidupan manusia |
√ |
4 x 45’
|
Kepala Guru Biologi
Drs.Mujiyono Ade Putra,S.Pd.I
Nip. 196511121998021001 NIP.198401052009021003
0 komentar:
Posting Komentar