Dua Warna

Ade go

Minggu, 12 Juni 2016

RPP Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                : SMAN 9 Muaro Jambi
Mata Pelajaran   : Biologi
Kelas/Semester   : XI/1 (satu)
Peminatan           : MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
Pertemuan ke-    : 1 - 5
Materi Pokok     : Sel sebagai Unit Terkecil Kehidupan
Alokasi Waktu    : 5 x 4 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bio proses.
1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan
3.1 Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
3.2 Menganalisis berbagai proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada
membran, difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan
sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
4.1 Menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
4.2 Membuat model proses dengan menggunakan berbagai macam media melalui analisis hasil studi literatur, pengamatan mikroskopis, percobaan, dan simulasi tentang bioproses yang berlangsung di dalam sel.
C. Materi Pelajaran
Pertemuan I dan II: Konsep tentang sel, Komponen kimia penyusun sel, Struktur dan
fungsi bagian-bagian sel, Mengamati sel hewan dan sel tumbuhan
Pertemuan III dan IV : Kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup. Transpor melalui membrane, Eksperimen difusi dan osmosis, Sintesis protein
Pertemuan V : Reproduksi Sel, Evaluasi
D. Pembelajaran
Pertemuan I dan II
1. Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator
Tujuan Pembelajaran
3.1.1.Mendeskripsikan komponen kimiawi penyusun sel.
3.1.2. Mendeskripsikan struktur dan fungsi organel sel
3.1.4.Mengamati struktur sel hewan (selaput lendir rongga mulut) dan sel tumbuhan (epidermis umbi lapis bawang merah).
Setelah menyelesaikan pembahasan ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan konsep sel sebagai unit struktural, dan unit fungsional terkecil makhluk hidup.
2.Menjelaskan komponen kimia sel/protoplasma
3. Menjelaskan senyawa-senyawa organik penyusun sitoplasma beserta unsur-unsur penyusunnya.
4.Memberi contoh beberapa makromolekul dalam sitoplasma.
5. Menyebutkan organel-organel sel beserta fungsinya.
6. Menjelaskan struktur umum sel hewan dan sel tumbuhan
7. Membedakan sel prokariotik dan eukariotik.
2. Metode
Diskusi, pemaparan, dan presentasi.
3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan model pembelajaran problem base learning. Guru juga dapat memilih model pembelajaran lain yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
a. Pendahuluan
• Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sel pada tingkat sebelumnya.
• Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dengan peserta didik yang heterogen.
• Guru menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari tentang sel.
b. Inti
• Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok beranggota 5-6 orang. Setiap kelompok peserta didik ditugasi untuk mengamati gambar skema hierarki organisme, dan membaca literatur tentang komponen kimiawi penyusun sel. struktur sel dan organel sel.
• Peserta didik dimotivasi untuk menanya tentang perbedaan antara sel penyusun tubuh makhluk hidup.
• Peserta didik juga ditugasi untuk merancang eksperimen pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan.
• Setiap kelompok ditugasi untuk membuat pertanyaan tentang konsep sel sebagai unit struktural dan unit fungsional terkecil makhluk hidup dan juga tentang organel sel.
• Setiap kelompok diminta untuk mengemukakan pertanyaan yang berhasil mereka susun. Kemudian guru memandu diskusi mencari jawaban tentang pertanyaan. Jawaban pertanyaan suatu kelompok agar dijawab oleh kelompok lain.
• Peserta didik ditugasi untuk melakukan pengamatan dengan mikroskop sel epitel pipi, sel umbi lapis bawang merah, dan membandingkan gambar hasil pengamatan mikroskopis dengan gambar hasil pengamatan mikroskop elektron, untuk memhami komponen-komponen sel.
• Guru membimbing peserta didik untuk berdiskusi untuk mencari jawaban atas pertanyaan peserta didik tentang konsep sel sebagai unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup, komponen kimiawi sel, stuktur sel dan organel sel.
• Setelah semua pertanyaan terjawab, guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan tentang sel sebagai unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup, komponen kimia sel, struktur dan organel sel beserta fungsinya (mengasosiasi).
• Peserta didik ditugasi untuk mengomunikasikan secara lisan, atau dengan Power Point di depan kelas tentang konsep sel sebagai unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup, komponen kimia sel, struktur dan organel sel.
c. Penutup
• Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi dan menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran. Peserta didik dibebaskan menyusun dengan bahasanya sendiri mengenai: konsep sel sebagai unit struktural dan unit fungsional terkecil makhluk hidup, komponen kimiawi sel, struktur sel dan organella sel.
• Peserta didik ditugasi untuk membuat gambar sel hewan, sel tumbuhan, dan sel bakteri.
• Peserta didik juga ditugasi untuk merancang eksperimen tentang difusi dan osmosis.
4. Alat, Bahan, dan Media
• Gambar hierarki organisasi dalam tubuh makhluk hidup, gambar sel hewan, sel tumbuhan, sel bakteri, dan tubuh virus.
• Mikroskop, kaca benda, kaca penutup, metilen biru
• Media: LCD, Komputer
5. Sumber Belajar
• Buku Biologi SMA/MA kelas XI.
• Buku Biologi Campbell
• Sumber lain yang relevan seperti internet
6. Penilaian
Unjuk kerja eksperimen, diskusi, dan presentasi.
Pertemuan Minggu III dan IV
1. Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator
Tujuan Pembelajaran
3.1.4 Mendeskripsikan kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup
3.1.5 Mendeskripsikan transpor melalui membrane
3.1.6 Melakukan percobaan tentang osmosis dan difusi
3.1 7 Mendeskripsikan proses sintesis protein
Setelah menyelesaikan pembahasan ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Mengelompokkan organel sel yang terlindung oleh membran sel ganda dan membran sel tunggal
2. Menyebutkan organel-organel sel beserta fungsinya.
3. Membuat tabel yang menunjukkan hubungan antara jenis sel dengan kadar organel yang dikandungnya.
4. Menjelaskan perbedaan transpor pasif dan transpor aktif.
5. Membedakan osmosis dan difusi.
6. Membedakan difusi dengan difusi difasilitasi..
7. Menjelaskan perberbedaan antara endositosis, pinositosis dan eksositosis.
8. Menjelaskan tahapan sintesis protein.
9. Menjelaskan hubungan sintesis protein dengan pembentukan struktur dan pengaturan aktivitas sel
2. Metode Pembelajaran
Diskusi, kerja mandiri, dan presentasi
3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan model pembelajaran project base learning. Guru juga dapat memilih model pembelajaran lain yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
a. Pendahuluan
• Guru mengingatkan peserta didik tentang materi pelajaran sebelumnya.
• Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dengan peserta didik yang heterogen.
b. Inti
• Peserta ditugasi untuk mengamati animasi transpor trans membran sel.
• Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 6 – 5 peserta didik. Peserta didik ditugasi untuk mengamati animasi sintesis protein membaca literatur tentang sintesa protein, proses hasilnya dihubungkan dengan pembentukan struktur dan pengaturan aktivitas sel.
• Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 5 - 6 orang. Setiap kelompok ditugasi untuk mengamati gambar skema transport melalui membran dan gambar skema proses sintesis protein.
• Peserta didik juga ditugasi untuk membaca literatur tentang tranpor melalui membran serta proses sintesis protein.
• Peserta didik juga dimotivasi untuk menanyakan tentang proses yang terjadi pada makhluk hidup, dan proses transport trans membran yang terjadi, serta proses sintesis protein.
• Peserta didik ditugasi untuk membuat pertanyaan tentang bioproses yang terjadi pada makhluk hidup dan proses transport trans membran yang terjadi.
• Setiap kelompok diminta untuk mengemukakan pertanyaan yang berhasil mereka susun.
• Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengkaji literatur tentang bioproses yang terjadi pada sel (makhluk hidup), seperti transport trans membran dan sintesis protein.
• Melakukan pengamatan proses difusi dan osmosis dengan menggunakan umbi kentang, batang kangkung atau seledri. (mencoba).
• Peserta didik mengamati gambar proses sintesis protein.
• Peserta didik ditugasi untuk merancang eksperimen tentang difusi dan osmosis.
• Kemudian guru memandu diskusi mencari jawaban tentang bioproses yang terjadi pada sel.
• Peserta didik dibimbing untuk mengaitkan antara struktur membran sel dengan sifat dan fungsinya sebagai pengatur transportasi zat dari dan ke dalam sel secara difusi dan osmosis. (mengasosiasi)
• Peserta didik dipandu guru untuk menyimpulkan hasil pengamatan difusi dan osmosis pada umbi kentang/batang kangkung/batang seledri, sebagai proses transpor melalui membran dan persyaratan serta akibatnya (proses turgor dan plasmolisis karena ada perbedaan konsentrasi zat di dalam dan di luar sel).
• Peserta didik mengomunikasikan hasil pengamatan dan diskusi dalam bentuk laporan atau presentasi di depan kelas.
c. Penutup
• Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi dan menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
• Peserta didik ditugasi untuk menyusun laporan tertulis dalam bentuk gambar, tabel dan uraian hasil praktikum.
• Peserta didik ditugasi untuk melakukan tugas proyek membuat model 3 dimensi sel untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
4. Alat, Bahan, dan Media
Gambar struktur membran sel, alat dan bahan untuk pengamatan proses difusi dan osmosis (umbi kentang/batang kangkung/batang sledri, larutan gula dalam berbagai konsentrasi, cawan petri/gelas kimia, timbangan), gambar atau animasi sintesis protein.
5. Sumber Belajar
• Buku Teks Biologi SMA Kls XI.
• Buku Biologi Campbell, dan sumber lain yang relevan seperti internet
• Buku panduan kerja laboratorium
6. Penilaian
Unjuk kerja eksperimen, diskusi, presentasi
Pertemuan V
1. Indikator dan Tujuan Pembelajaran
Indikator
Tujuan Pembelajaran
3.1.8 Mendiskripsikan proses mitosis pada sel tumbuhan dan sel hewan. Setelah menyelesaikan pembahasan ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan tahapan mitosis.
2.Membedakan tahapan-tahapan mitosis berdasarkan gambar sel yang sedang membelah.
3. Membedakan mitosis pada hewan dan tumbuhan.
2.Metode Pembelajaran
Diskusi, observasi, dan penugasan
3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan model pembelajaran project base learning. Guru juga dapat memilih model pembelajaran lain yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
a. Pendahuluan
• Guru mengumpulkan tugas proyek membuat model sel pada pertemuan sebelumnya.
• Guru menyiapkan gambar sel dan proses mitosis sel atau model mitosis.
b. Inti
• Peserta didik ditugasi mengamati gambar mitosis sel umbi lapis bawang merah, dan membaca teks tentang proses pembelahan sel.
• Peserta didik dimotivasi untuk menanya tentang struktur sel yang terbentuk, tentang proses aktivitas sel berlangsung. Apakah sel mengalami perubahan bentuk, ukuran dan jumlahnya?Apa hubungan antara pembelahan sel dengan aktivitas sel.
• Peserta didik melakukan eksperimen pengamatan mitosis pada Bio Riset 1.2.
• Peserta didik menafsirkan proses aktivitas sel yang telah terjadi, berdasarakan perubahan bertahap pada gambar yang telah/sedang diamati.
• Perserta didik ditugasi untuk mengkaji literatur tentang struktur sel terbentuk, dan tentang proses aktivitas sel berlangsung, perubahan bentuk, ukuran dan jumlahnya, hubungan antara pembelahan sel dengan aktivitas sel
• Peserta didik dibimbing untuk berdiskusi kelompok sesuai topik yang ditugaskan, tentang struktur sel terbentuk, dan tentang proses aktivitas sel berlangsung, tentang perubahan bentuk, ukuran dan jumlahnya, serta hubungan antara pembelahan sel dengan aktivitas sel.
• Kelompok peserta didik, dibimbing untuk menarik kesimpulan topik yang di diskusikan. (mengasosiasi).
• Kemudian peserta didik diminta untuk melaporkan hasil diskusi dengan mengomunikasikan secara lisan, atau dengan Power Point di depan kelas.
c. Penutup
Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi dan menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran. Peserta didik ditugasi untuk membuat laporan hasil diskusi dalam bentuk uraian deskriptif.
4. Alat, Bahan, dan Media
• Mikroskop, akar bawang merah
• Gambar mitosis ujung akar bawang merah, video mitosis
• Media: LCD dan Komputer
5. Sumber Belajar
• Buku Teks Biologi SMA/MA kelas XI
• Sumber lain yang relevan seperti internet
6. Penilaiaan
• Presentasi: keaktifan peserta didik dalam mencapai masukan dari teman, terbuka menerima masukan, santun dalam berbahasa, menggunakan bahas secara runtut, informatif.
• Diskusi: terlibat secara aktif, menerima pendapat orang lain, ide kreatif.
• Tes tertulis
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
· Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
· Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
· Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
· Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda.
Contoh Instrumen (Terlampir)
Sei Bahar , 2015
Guru Mata Pelajaran Biologi
Catatan Kepala Sekolah:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran Penilaian
1. Penilaian oleh Guru
No. KD Indikator Esensial
Teknik
Keterangan
1. KD dari KI1 Observasi
perilaku
Lembar
observasi
2. KDdari KI 2 Observasi
perilaku
Observasi
perilaku
3. KD 3 · Mendeskripsikan komponen kimiawi penyusun sel.
· Mendeskripsikan struktur dan fungsi organela sel.
· Mendeskripsikan kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup.
· Mendeskripsikan mekanisme transpor pada membran sel.
· Mendeskripsikan sintesis protein untuk menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel.
· Mendeskripsikan reproduksi sel sebagai kegiatan untuk membentuk morfologi tubuh dan memperbanyak tubuh.
Tes tertulis Lembar tes tertulis
4. KD 4 Mengamati sel epitel rongga mulut dan umbi lapis bawang merah.
Eksperimen tentang osmosis dan difusi
Penilaian produk Lembar
penilaian
Menyajikan cara/teknik/keterampilan dan hasil pengamatan dan mengomunikasikan hasil diskusi kelompok
Penilaian sikap Lembar penilaian
2. Penilaian Sikap
KI–1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI–2 : Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
No. Nama Jujur
Disiplin Tanggung Jawab Peduli Kerja keras Skor Nilai
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
Dst.
Petunjuk penilaian: Rentang nilai:
3 = AB (amat baik) 12 ≤ N < 15 AB
2 = B (baik) 8 ≤ N < 12 B
1 = C (cukup) 5 ≤ N < 8 C
3. Refleksi diri pada buku siswa hal.36.
4. Penilaian Teman
Guru meminta peserta didik untuk menilai rekan satu kelompoknya saat melakukan kerja
berkelompok. Tabel berikut memberikan contoh penilaian teman.
No.
Nama Anggota Kelompok
Penilaian
Skor
Nilai
Kreativitas
Inisiatif
Kerja Sama
Menghargai Teman
Suka Menolong
1.
2.
3.
4.
Petunjuk penilaian: Rentang nilai (N):
3 = AB (amat baik) 12 £ N < 15 AB
2 = B (baik) 8 £ N < 12 B
1 = C (cukup) 5 £ N < 8 C

0 komentar:

Posting Komentar

SIKAP ILMIAH TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL EKONOMI

PPT BAB VIRUS

BAB PLANTAE